ABA PARABOLA & CCTV: Jenis dan Model Dish parabola

Minggu, Maret 06, 2016

Jenis dan Model Dish parabola

JENIS DAN MODEL DISH PARABOLA

Dish Parabola banyak model/jenis dan ukurannya, yang tentu saja harganya juga berbeda-beda satu dengan yang lainnya. untuk Model/ Jenis Dish ada Jaring, Solid dan Offset untuk jelasnya saya akan paparkan satu demi satu.

1. Dish Parabola Jaring.




Model ini adalah model terlaris di kalangan pengguna parabola, Reflectornya berupa jaring berlobang kecil-kecil seperti kawat nyamuk. Ukurannya bervariatif mulai dari 6ft, 7ft, 8ft, 9ft sampai 12ft ukuran yang standar biasa digunakan adalah 7ft,  kelebihan dish jaring ini adalah tidak mudah berkarat karena terbuat dari alumunium dan bobotnya lebih ringan. Namun dish ini juga memiliki kelemahan antara lain kawat jaringnya mudah terlepas dari kontruksinya dan juga mudah geser bila terkena angin yang besar. harganya lebih terjangkau dikantong daripada jenis dish solid, untuk instalasi Parabola diam dish mesh Biasanya di padukan dengan LNB ( alat penerima satelit ) Model CBand sejumlah 2 buah sampai 4 buah walaupun kadang juga ada yg memasang lebih dari 4 buah LNB. Dish mash juga bisa digunakan dengan Rotater/Penggerak untuk pemasangan instalasi parabola gerak, dengan jangkauan satelit yang lebih banyak dibanding menggunakan instalasi diam.

2. Dish Parabola SOLID.




Reflectornya Terbuat dari plat campuran logam besi baja dan alumunium, sedangkan ukurannya juga bermacam-macam antara lain 6ft,9ft, dan 12ft namun kebanyakan yang dijual dan dipakai adalah ukuran 6ft. Sedangkan Bobot beratnya jauh lebih berat, dari segi harga pun jauh lebih Mahal dari pada dish Jaring. Kelebihan dish parabola SOLID adalah daya tangkap terhadap signal satelit lebih baik dan kontruksinya lebih kokoh namun kekurangannya juga ada yaitu mudah sekali berkarat. dish SOLID alangkah baiknya digunakan dengan instalasi Parabola Gerak, adapun kalau menginginkan dengan Instalasi Parabola diam, lebih baik hanya menggunakan 2 buah LNB untuk satelit Palapa dan Telkom.

3. Dish Parabola Offset.


Dish Parabola Offset biasa digunakan untuk PayTV atau TV Langganan Seperti Indovision, Okevision, Toptv, BIGTV, Transvision dll. Ukuran dish 80cm-100cm bisa di gunakan dengan berbagai Jenis LNB diantaranya KUBand ( BIGTV, OrangeTV, AORA dan Transvision ), CBand ( Telkomvision/Transvision Lama), SBand ( Indovision, Okevision dan TOPTV )